08/03/12

ilmu budaya

Indonesia mempunyai banyak keanekaragaman budaya yang sangat memperkaya budaya , oleh karena itu kita wajub mempelajari atau mengetahui tentang ilmu budaya Negara kita sebagai warga Negara yang baik dan terpuji. Walaupun kita hanya sebagian kecil dari budaya tersebut,kita harus memiliki rasa memiliki kebudayaan.
Sebagai seorang mahasiswa kita diharapkan memiliki rasa kebudayaan yang  kuat agar kelak di masa depan bangsa ini akan menjadi bangsa yang penuh dengan etika dan sopan santun dalam kehidupan sehari hari.
Secara sederhana ilmu budaya dasar adalah ilmu yang mempelajari tentang konsep – konsep yang di kembangkan tentang teori budaya dan manusia dan keterkaitan nya. Dengan mempelajari kebudayaan manusia di harapkan kita menjadi manusia yang lebih beradab dan manusiawi.
Ilmu ilmu alamiah, ilmu – ilmu social dan pengetahuan budaya termasuk tiga kelompok besar ilmu budaya dasar. Pengelompokan ilmu budaya ini berdasarkan dari mana ikmu budaya ini berasal.

Untuk bias menjangkau ilmu tersebut, diharapkan ilmu budaya dasar dapat :
·         Mengusahakan kepekaan terhadap dunia budaya yang baru agar dapat dengan mudah bersosialisasi
·         Memperluas pandangan terhadap kemanusiaan
·         Membuka pemikiran agar tidak masuk dalam pengotakan suatu daerah
·         Memperlancar wahana komunikasi antar para akademis agar lebih mudah berkomunikasi satu sama lain

Ruang lingkup ilmu budaya dasar
·         Berbagai  aspek kehidupan yang seluruh nya merupakan aspek kemanusiaan dan budaya yang dapat didekati dengan menggunakan pengetahuan budaya.
·         Hakekat manusia yang satu tetapi beranega ragam. Dalam memahami dan menghadapi masalah alam, social dan budaya manusia tidak hanya mewujudkan persamaan namun juga perbedaan tetapi juga perbedaan di ungkapkan dengan ketidakseragaman yang diungkapkan dalam pemikiran, perasaan, tingkah laku dan ungkapan mereka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar